Koperasi Pekerja Buruh Indonesia (KOPBI) adalah representasi dari sinergi pekerja mandiri Indonesia dari kebersamaan sinergi lewat 6 (enam) Konfederasi Serikat Pekerja/Buruh Indonesia yang didukung dan didorong oleh dunia usaha lewat Kadin Indonesia dan DPN APINDO serta difasilitasi oleh Pemerintah dalam hal ini Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) dibawah langsung Direktorat Jenderal PHI dan JAMSOS, serta didukung oleh kementrian-kementrian terkait, dalam hal ini:

  1.  Kementrian Ketenagakerjaan RI
  2. Menko Bidang Perekonomian RI, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,
  3. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional RI (BAPENAS RI),
  4. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia,
  5. Kementrian Perdagangan Republik Indonesia,
  6. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
  7. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia,
  8. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dan

Lewat silaturahim yang dijembatani oleh DEPENAS RI periode 2016-2019 (Dewan Pengupahan Nasional RI) semua itu berawal dan tumbuh berkembang untuk niat baik dan tujuan mulia sebagai putra putri bangsa untuk memberdayakan aset Nasional dalam hal ini adalah Pekerja Buruh Indonesia.

Semangatnya adalah pemberdayaan dan penggerak ekonomi pekerja buruh dari seluruh Indonesia agar mampu berdaya saing secara global dan terlebih di era digital ekonomi saat sekarang ini, yang sekaligus merupakan kekuatan Ekonomi Nasional.

Menghadapai dan mempersiapkan pekerja buruh untuk masa depan dan untuk masa depan pekerja buruh itu sendiri memang tidaklah mudah namun itu adalah tantangan tersediri dan menjadi tujuan utama yaitu mensejahterakan. Paling tidak hal tersebut adalah langkah-langkah iktiar optimal yang harus dilakukan untuk tidak terus menunggu.

Sejatinya pekerja buruh tidaklah menunggu kebijakan Pemerintah dan berharap banyak agar Pengusaha mampu mensejahterakannya, langkah kreatif dan inovasilah yang seharusnya dilakukan oleh Pekerja Buruh Indonesia. Itulah hadirnya sinergi bersama lewat Koperasi KOPBI Indonesia.

Pendirian KOPBI digagas oleh beberapa anggota Dewan Pengupahan Nasional beserta SP/SB yang dibentuk berdasarkan rapat pendirian KOPBI pada tanggal 20 Juli 2018 yang bertempat di Gedung Kementrian Ketenagakerjaan RI di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav.51 Jakarta Selatan oleh Tripartite dalam hal ini Pemerintah, Pengusaha dan Serikat Pekerja. Dengan tujuan untuk memberikan solusi dan membantu mensejahterakan para Pekerja Buruh agar tidak mendapatkan kesulitan-kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

KOPBI merupakan koperasi skala nasional yang berkedudukan di Perkantoran Buncit Mas Jalan Kemang Utara IX No.3a Jakarta Selatan.